(Windows Only Show my Wallpaper Part2) Mengatasi Start Menu dan Tab Explorer yang Hilang 2

Lanjutan dari posting sebelumnya, ternyata masih banyak juga kasus start menu dan tab explorer yang tidak bisa muncul secara otomatis ketika sudah masuk ke tampilan windows.
Ada beberapa penyebab mengapa hal ini terjadi. Bisa berupa virus, windows mengalami corupt, atau komputer mengalami sedikit  lag (jeda) pada proses start up.
Sebagai catatan, ingat bahwa jika komputer sobat mengalami kasus seperti ini  lebih baik tidak langsung mengatakan bahwa komputer terserang virus. Hampir sebagain besar pengguna mengatakan komputernya terserang virus apabila ditemukan ketidaknormal pada komputernya. Benar sih.. tapi tidak 100% benar lho?? Kenapa demikian?? hehehe..

Hal ini karena beberapa orang yang sudah lebih berpengalaman tidak mau repot2 menjelaskan langsung mengenai detail kenapa masalah komputer ini terjadi. Sebagai contoh nyatanya coba saja ketika berkunjung ke tempat service komputer yg lumayan bagus. Iseng2 deh nanya gini gono tentang penyebab kenapa komputer rusak. Simak dan perhatikan dengan seksama penjelasannya, kalau lagi beruntung dapet deh penjelasan yang masuk akal :P
Lalu, bagaimana supaya tahu bahwa kasus start menu dan tab explorer  yang hilang ini diakibatkan oleh virus apa tidak? Mungkin sedikit berat di teknis, tapi dibawah ini beberapa penjabaran saya jelaskan dengan se-simple mungkin agar mudah diikuti :)
Jadi, untuk mengetahuinya saya bagi penyebabnya menjadi 3 (Menurut versi penulis) :

1. Akibat Virus
2. Windwos Corupt
3. Lag (jeda) pada proses Start Up

***  AKIBAT VIRUS  ***
Cara untuk mengetahuinya bisa dengan mengecek registry
Pertama ketik regedit di run :
image
Kemudian masuk ke alamat registry ini :
1. Computer
2. HKEY_LOCAL_MACHINE
3. SOFTWARE
4. Microsoft
5. Windows NT
6. CurrentVersion
7. Winlogon
image
Pada gambar diatas perhatikan jendelan sebelah kanan
pada field Shell klik 2x dan cek apakah value data yang tertulis Explorer.exe.
Jika tidak maka bisa dipastikan itu adalah virus karena field yang harusnya tertulis adalah Explorer.exe.
Value tersebut bisa saja kita rubah sendiri, namun hal ini tidak terlalu berpengaruh signifikan karena value tersebut akan dikembalikan lagi oleh virus apabila virus tersebut masih belum dibersihkan secara tuntas.
Cara membersihkannya ya tentu dengan menggunakan antivirus kepercayaan sobat. Dan usahakan agar antivirus yang digunakan sudah diupdate ya :)
*** Windows Corupt ***
Cara untuk mengetahui bahwa start menu dan explorer hilang akibat windows corupt yaitu dengan melakukan pengecekan registry seperti langkah diatas.
Apabila value data Shell sudah tertulis Explorer.exe dan sobat juga sudah melakukan scanning antivirus (Bisa coba lebih dari 1 kali dengan antivirus yang lain) dan hasilnya nihil, maka bisa disimpulkan windows mengalami corupt pada bagian tertentu.
Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan 3 cara yaitu Instal ulang, repair windows dengan cd windows, atau menggunakan system restore.
Dalam kasus yang pernah saya alami, solusi system restore cukup ampuh untuk digunakan mengingat data-data yang ada masih tetap tersimpan dengan aman (kecuali program hasil instalasi)
*** Start Up Windows Mengalami Lag (Jeda ) ***
Kasus ini merupakan kasus yang paling banyak ditemui. Hal ini disebabkan windows melakukan proses start up yang lebih lama dari biasanya akibat suatu perubahan yang dilakukan pengguna sebelumnya. Bisa karena menginstal suatu aplikasi tertentu atau bisa karena menggunakan aplikasi tertentu yang berhubungan dengan windows.
Cara untuk mengatasinya juga tidak terlalu sulit dan paling mudah untuk dilakukan. Mengenai detail langkah-langkahnya bisa dilihat pada postingan saya sebelumnya disini.
Biasanya cara ini hanya dilakukan 1x, maka pada saat menghidupkan komputer selanjutnya otomatis explorer akan berjalan dengan normal kembali.
**** Penutup ****
Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi sobat semua. Jika ada masukan dan kritik yang sifatnya membangun, penulis akan dengan senang hati menerimanya. Good Luck :)



Labels : wallpapers Mobile Games car body design Hot Deal
Category:

0 comments:

Posting Komentar

Search Terms : property home overseas properties property county mobil sedan oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Transportasi Mewah free-islamic-blogspot-template cute blogger template free-blog-skins-templates new-free-blogger-templates good template blogger template blogger ponsel Download template blogger Free Software Blog Free Blogger template Free Template for BLOGGER Free template sexy Free design Template theme blogspot free free classic bloggerskin download template blog car template website blog gratis daftar html template kumpulan templet Honda SUV car body design office property properties to buy properti new